Senin, 28 Maret 2011

Pembalap Sebastian Vettel Posisi Terdepan di Melbourne

MELBOURNE, Sabtu - Juara Formula Satu tahun 2010, Sebastian Vettel, tampil di posisi start terdepan dalam pembukaan musim F1 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (27/3).
Di babak kualifikasi, pebalap tim Red Bull itu mencatat waktu tercepat, yakni 1 menit 23,529 detik atau lebih cepat 0,778 detik dari urutan kedua, Lewis Hamilton dari tim McLaren.
”Meskipun jaraknya terlihat cukup jauh, perlombaan ini masih panjang dan apa pun dapat terjadi. Posisi saya cukup baik dan saya sangat gembira tetapi kami tidak boleh sombong dan harus tetap menginjak bumi,” kata Vettel. Tahun lalu Vettel menempati posisi start terdepan di Melbourne, tetapi dia gagal mencapai finis.
Posisi start ketiga ditempati rekan satu tim Vettel, Mark Webber, dengan selisih 0,866 detik di belakang Vettel. Sementara juara F1 Seri Australia tahun 2009 dan 2010, Jenson Button dari tim McLaren, menempati posisi start keempat dengan selisih 1,25 detik di belakang Vettel.
”Jika kita melihat Vettel di babak kualifikasi, dia seperti dari liga balap yang lain. Namun, saya tidak tahu apakah sama jika kita sudah turun ke arena balap sesungguhnya,” kata Button.
Selain tim Red Bull yang tampil prima dengan mobil Renault, tim McLaren yang menggunakan mobil Mercedes juga bekerja keras untuk menjadi andal pada tes di musim dingin. Hamilton tampil luar biasa untuk menjawab kerja keras timnya.
”Sangat menggetarkan berada di sini. Kami kembali ke arena balap dan berada di posisi yang luar biasa meskipun banyak yang harus dikerjakan,” kata Hamilton, juara F1 tahun 2008.
Webber, yang ingin menjadi juara di negaranya sendiri untuk pertama kali, mengaku kecewa dengan penampilannya pada babak kualifikasi.
”Saya tidak benar-benar berjuang untuk mendapatkan posisi start terdepan dan saya kecewa,” katanya.
Babak kualifikasi Sabtu adalah hari yang mengecewakan bagi tim Ferrari. Fernando Alonso, runner-up tahun lalu, tidak mampu menembus dominasi tim Red Bull dan McLaren sehingga hanya dapat menempati posisi start kelima.
Rekan setim Alonso, Felipe Massa, juga hanya menempati posisi kedelapan. Posisi keenam dan ketujuh adalah Vitaly Petrovdari tim Lotus Renault dan Nico Rosberg dari tim Mercedes GP.
”Secara posisi kami gembira, tetapi jarak dari posisi terdepan tidak menggembirakan. Ini yang harus kami analisis Sabtu malam,” kata Alonso.
Sementara itu, Michael Schumacher dari tim Mercedes GP gagal memenuhi janjinya saat tes pramusim. Schumacher yang menempati urutan ke-11 akhirnya gagal menembus sesi akhir kualifikasi karena terlambat 0,089 detik dari target.
”Setelah tampil terdepan di tes pramusim, penampilan saya kali ini sangat mengecewakan. Kami tidak tampil baik dan kami harus mempelajari penyebabnya,” kata mantan juara F1 tujuh kali itu.
Mobil Adrian Sutil dari tim Force India sempat berputar, tetapi tidak menabrak tembok dan berada di urutan ke-16.
Rubens Barrichello menyentuh rumput saat mengerem di putaran ketiga dan berputar di tanah liat. Tiga pendatang baru, Sergio Perez (Sauber), Paul di Resta(Force India-Mercedes), dan Pastor Maldonado (Williams), di urutan ke-13, ke-14, dan ke-15.
sumber kompas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates